Selasa, 01 Desember 2009

RPP
Bina Bahasa Indonesia
Kelas 6a















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pelajaran : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema
,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang
Didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
0 Siswa dapat menentukan latar cerita
0 Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
III.Materi Pokok : Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah
dibaca atau didengar
B.Kegiatan Inti :

0 Mendengarkan cerita anak
0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang
Didengar
0 Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
0 Menentukan latar cerita
0 Menceritakan kembali cerita yang didengar
C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca buku cerita anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami aneka jenis iklan
0 Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
0 Siswa dapat mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya

III.Materi Pokok : Teks Iklan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang iklan yang pernah
dibaca atau didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami aneka jenis iklan
0 Menyampaikan isi iklan secara lisan
0 Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan
isinya



C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun iklan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus
( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
0 Siswa dapat mencatat informasi penting dari bacaan
0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan yang akan
dibaca atau didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca intensif teks bacaan
0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
0 Mencatat informasi penting dari bacaan
0 Menanggapi isi bacaan


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan
memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar
* Tanda titik dua ( : )

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
dalam teks percakapan
0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan
0 Siswa dapat mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
0 Siswa dapat melengkapi teks percakapan yang belum selesai
0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

III.Materi Pokok : Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang akan
dibaca atau didengarkan
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
dalam teks percakapan
0 Memperagakan teks percakapan
0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks
percakapan
0 Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
0 Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta perbuatan


A.Lisan : v
B.Perbuatan : v
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu
Teks yang dibacakan/didengarkan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks
0 Siswa dapat melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
0 Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan
0 Siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang didengar

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan
didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan pembacaan teks
0 Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
0 Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
0 Meringkas teks yang didengarkan
0 Menceritakan kembali isi teks yang didengar

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca buku lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menyampaikan pesan /informasi yang diperoleh dari berbagaimedia dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0 Siswa dapat menyampaikan informasi penting secara lisan

III.Materi Pokok : Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang wawancara yang pernah
Dilakukan
B.Kegiatan Inti :
: 0 Memperagakan wawancara bersama teman
0 Menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0 Menyampaikan informasi penting seccara lisan


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun wawancara

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus
( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca teks berisi informasi dari kolom
tertentu
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
0 Siswa dapat menjelaskan isi teks secara lisan
0 Siswa dapat memahami kalimat permintaan
0 Siswa dapat melengkapi kalimat permintaan

III.Materi Pokok : Teks Cerita

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek cerita yang akan
dibaca atau didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca teks berisi informasi dari kolom
tertentu
0 Menjawab pertanyaan
0 Menjelaskan isi teks secara lisan
0 Memahami kalimat permintaan
0 Melengkapi kalimat permintaan


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Mengisi kartu pos

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami isi kartu pos
0 Siswa dapat menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos
dengan benar
0 Siswa dapat mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang
sudah ditentukan

III.Materi Pokok : Kartu pos

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang kartu pos manfaat dan cara
pengisiannya
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami isi kartu pos
0 Menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos
dengan benar
0 Mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang
sudah ditentukan
C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Mengisi kartu pos dan mengirimkannya ke alamat
teman,sudara, atau guru

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh
guru
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar
0 Siswa dapat menentukan amanat cerita

III.Materi Pokok : Cerita Anak

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang akan
Diperdengarkan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh
guru
0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
0 Menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
0 Menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
0 Meringkas cerita yang didengar
0 Menentukan amanat cerita

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca bukucerita anak lain yang relevan dengan materi pelajaran


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0 Siswa dapat menyampaikan informasi penting secara lisan

III.Materi Pokok : Kalimat pujian

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah
diucapkan atau didengarnya
B.Kegiatan Inti :
0 Memperagakan wawancara bersama teman
0 Menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0 Menyampaikan informasi penting secara lisan


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun kalimat pujian

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus
( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Siswa dapat menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan yang akan
dibaca atau diperdengarkan
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca sekilas teks bacaan
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
0 Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik
0 Siswa dapat memparafrasekan puisi

III.Materi Pokok : Puisi

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
0 Membaca puisi dengan penghayatan yang baik
0 Memparafrasekan puisi

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP







VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IV
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh
guru
0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar
0 Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan
0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan
Diperdengarkan / dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh
guru
0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar
0 Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan
0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain yang relevan dengan materi pelajaran





V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IV
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca contoh tanggapan pembacaan puisi
0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan

III.Materi Pokok : Puisi anak

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi anak yang pernah
Dibaca atau didengarnya
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca contoh tanggapan pembacaan puisi
0 Menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
0 Menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun puisi anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IV
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Siswa dapat menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

III.Materi Pokok : Teks Bacaan pengamatan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan pengamatan
yang akan dibaca
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca sekilas teks bacaan
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain / buku bacaan /laporan hasil pengamatan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IV
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Mengisi formulir ( pendaftaran ,kartu anggota,wesel
pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami cara penulisan wesel pos
0 Siswa dapat mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang
sudah ditentukan
0 Siswa dapat memahami kalimat anjuran yang tepat
0 Siswa dapat membuat kalimat anjuran

III.Materi Pokok : Wesel pos

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami cara penulisan wesel pos
0 Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang
sudah ditentukan
0 Memahami kalimat anjuran yang tepat
0 Membuat kalimat anjuran


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Mengisi blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP







VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan wawancara
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang diperdengarkan
0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang didengarkan

III.Materi Pokok : Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks wawancara yang akan
Diperdengarkan / dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan pembacaan wawancara
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang
diperdengarkan
0 Menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang
Didengarkan
C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks wawancara lain yang relevan dengan materi pelajaran




V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama
0 Siswa dapat menentukan informasi setiap paragraf
0 Siswa dapat menyampaikan informasi secara lisan
0 Siswa dapat mencari informasi dalam bacan lain

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang pernah
Dibaca atau didengarnya
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca tek bacaan dengan seksama
0 Menentukan informasi setiap paragraf
0 Menyampaikan informasi secara lisan
0 Mencari informasi dalam bacan lain


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek lain dan meringkas isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP






VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat membahas isi laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri

III.Materi Pokok : Laporan hasil pengamatan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan
pengamatan yang akan dibaca
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca laporan hasil pengamatan
0 Membahas isi laporan hasil pengamatan
0 Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca cerita pendek
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek
yang dibaca
0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
0 Siswa dapat merigkas cerita pendek yang dibaca
0 Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang
terdapat dalam ceriota yang dibaca
0 Siswa dapat mencari anonym kata-kata yang terdapat dalam cerita yang dibaca


III.Materi Pokok : Teks Cerita pendek

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan
dibacakan
B.Kegiatan Inti :
: 0 Membaca cerita pendek
0 Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita
pendek yang dibaca
0 Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
0 Meringkas cerita pendek yang dibaca
0 Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang
terdapat dalam ceriota yang dibaca
0 Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam cerita
yang dibaca




C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
0 Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikisai tokoh,watak,latar,temaatau amant dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
0 Siswa dapat mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita
tersebut
0 Siswa dapat menentukan latar dan tema cerita anak
0 Siswa dapat menentukan alur atau urutan cerita anak yang
dibaca
0 Siswa adapat meringkas cerita anak yang diperdengarkan
berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan

III.Materi Pokok : Teks Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita anak yang akan
Diperdengarkan / dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru
0 Menjawab pertanyaan
0 Mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita
tersebut
0 Menentukan latar dan tema cerita anak
0 Menentukan alur atau urutan cerita anak yang
dibaca
0 Meringkas cerita anak yang diperdengarkan
berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca cerita anak lain lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian meringkas dan menceritakan kembali




V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama
0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting setiap paragrap
0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan
0 Siswa dapat mencari informasi di surat kabar dan mencatat
hal-ahal penting setiap paragraf

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang pernah
Dibaca atau didengarnya
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca tek bacaan dengan seksama
0 Menentukan hal-hal penting setiap paragrap
0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan
0 Mencari informasi di surat kabar dan mencatat
hal-ahal penting setiap paragraf

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek lain dan meringkas isinya


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran,dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membuat pertanyaan berdasarkan bacaan
informasi yang dibaca
0 Siswa dapat memberikan tanggapan berupa pertanyaan atau
saran
0 Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-
kata sendiri
0 Siswa dapat mencari informasi lain di surat kabar dan
mencatat hal-hal penting
0 Siswa dapat menanggpi isi bacaan

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan yang akan
dibaca
B.Kegiatan Inti :
0 Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan
informasi yang dibaca
0 Memberikan tanggapan berupa pertanyaan atau
saran
0 Menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-
kata sendiri
0 Mencari informasi lain di surat kabar dan
mencatat hal-hal penting
0 Menanggpi isi bacaan




C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek bacaan yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
* Memahami kalimat pengandaian

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca teks percakapan bersama teman
sebangku
0 Siswa dapat menentukan pokok pembicaraan dalam teks
percakapan
0 Siswa dapat melengkapi percakapan yang belum lengkap
0 Siswa dapat membuat percakapan bersama teman ,kemudian
memperagakannya
0 Siswa dapat membuat kalimat pengandaian



III.Materi Pokok : Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan yang akan
dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca teks percakapan bersama teman
sebangku
0 Menentukan pokok pembicaraan dalam teks
percakapan
0 Melengkapi percakapan yang belum lengkap
0 Membuat percakapan bersama teman ,kemudian
memperagakannya
0 Membuat kalimat pengandaian






C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Memnyusun percakapan dan memeprgakakannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-halpenting/pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan berita radio yang dibacakan guru
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio
yang didengarkan
0 Siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi berita radio
yang lain
0 Siswa dapat menanggapi dan membuat kelsimpulan isi berita
radio yang didengarkan


III.Materi Pokok : Berita Radio

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang berita radio yang akan
Diperdengarkan / dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan berita radio yang dibacakan guru
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio
yang didengarkan
0 Mencatat pokok-pokok informasi berita radio
yang lain
0 Menanggapi dan membuat kelsimpulan isi berita
radio yang didengarkan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca berita radio lain lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( mengkritik/memuji ) sesuatu hal diseertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca percakapan berisi keritiok dan pujian
0 Siswa dapat memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan
0 Siswa dapat membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik

III.Materi Pokok : Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca percakapan berisi keritiok dan pujian
0 Memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan
0 Membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membuat kalimat kritik atau pujian tentang suatu hal


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP








VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan /kunjungan

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat membahas laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat memberuikan saran disertai alasan
0 Siswa dapat menjelaskan isi laporan hasil pengamatan
0 Siswa dapat membuat laporan hasil pengamatan kemudian
menceritakannya

III.Materi Pokok : Laporan hasil pengamatan/ kunjungan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek laporan hasil pengamatan
yang akan dibaca
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca laporan hasil pengamatan
0 Membahas laporan hasil pengamatan
0 Memberuikan saran disertai alasan
0 Menjelaskan isi laporan hasil pengamatan
0 Membuat laporan hasil pengamatan kemudian
menceritakan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek bacaan yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
* Memahami keterangan waktu dan tempat

II.Indikator : 0 Siswa dapat membacakan puisi dengan lafal dan intonasi
yang tepat
0 Siswa dapat mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
0 Siswa dapat menulis puisi dan membacakan dengan lafal
yang tepat
0 Siswa dapat memparafrasekan puisi ciptaan sendiri
0 Siswa dapat memahami penggunaan keterangan waktu dan
tempat

III.Materi Pokok : Puisi

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan
dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Membacakan puisi dengan lafal dan intonasi
yang tepat
0 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
0 Menulis puisi dan membacakan dengan lafal
yang tepat
0 Memparafrasekan puisi ciptaan sendiri
0 Memahami penggunaan keterangan waktu dan
tempat







C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun puisi dan memparafrasekannya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan dongeng
0 Siswa dapat menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan
dongeng yang didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang
didengar
0 Siswa dapat menentukan latar,tema,dan amanat dongeng
yang didengar
0 Siswa dapat menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang
didengar
0 Siswa dapat menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng
lain yang dibacanya


III.Materi Pokok : Teks Dongeng

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang dongeng yang akan
Diperdengarkan / dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan pembacaan dongeng
0 Menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan
dongeng yang didengar
0 Menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang
didengar
0 Menentukan latar,tema,dan amanat dongeng
yang didengar
0 Menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang
didengar
0 Menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng
lain yang dibacanya



C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca dongeng lain lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menyampikan pesan /informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak ,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca teks bacaan dalam surat kabar
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan
0 Siswa dapat mencatat informasi penting yang terdapat dalam
teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca teks bacaan dalam surat kabar
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan
0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam
teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan



C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek bacaan lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan informasi
0 Siswa dapat membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian
mencatat informasi penting dan menanggapinya

III.Materi Pokok : Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan
yang akan dibaca
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca intensif teks bacaan
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Menanggapi isi bacaan informasi
0 Membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian
mencatat informasi penting dan menanggapinya



C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek bacaan yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,daftar riwayat hidup dll)
* Kalimat majemuk bertingkat

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami penulisan pormurlir pendaftaran
0 Siswa dapat mengisi pormulir pendaftaran dengan benar
0 Siswa dapat mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian
membandingkannya
0 Siswa dapat mengubah data dirindalam pormulir pendaftaran
kedalam bentuk narasi
0 Siswa dapat memahami kalimat majemuk bertingkat
0 Siswa dapat membuat kalimat majemuk bertingkat
0 Siswa dapat memisahkan kalimat majemuk bertingkat
menjadi beberapa kalimat tunggal

III.Materi Pokok : Formulir Pendaftaran

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang formulir dan kalimat
majemuk
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami penulisan pormurlir pendaftaran
0 Mengisi pormulir pendaftaran dengan benar
0 Mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian
membandingkannya
0 Mengubah data diri dalam pormulir pendaftaran
kedalam bentuk narasi
0 Memahami kalimat majemuk bertingkat
0Membuat kalimat majemuk bertingkat
0Memisahkan kalimat majemuk bertingkat
menjadi beberapa kalimat tunggal


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun pormulir pendaftaran anggota organisasi
0 Menyusun kalimat majemuk bertingkat

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IX
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita pendek kemudian
menjawab pertanyaan
0 Siswa dapat menentykan latar,amanat,tema cerita pendek
0 Siswa dapat menentukan alur cerita pendek
0 Siswa dapat menceritakan kembali isi cderita pendek


III.Materi Pokok : Teks Cerita Pendek

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang Cerita pendek yang akan
Diperdengarkan / dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan cerita pendek kemudian
menjawab pertanyaan
0 Menentukan latar,amanat,tema cerita pendek
0 Menentukan alur cerita pendek
0 Menceritakan kembali isi cderita pendek


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca cerita pendek lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IX
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( mengkritik / memuji ) sesuatu hal disertai alas an denganmenggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat memperagakan percakapan yang mengandung
kalimat pujian
0 Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap suatu hal
/keadaan
0 Siswa dapat menyampaikan tanggapan kepada orang lain
0 Siswa dapat membuat percakapan

III.Materi Pokok : Teks percakapan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan yang
dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Memperagakan percakapan yang mengandung
kalimat pujian
0 Memberikan tanggapan terhadap suatu hal
/keadaan
0 Menyampaikan tanggapan kepada orang lain
0 membuat percakapan

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek percakapan lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IX
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca teks bacaan dengan seksama
0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Siswa dapat menentukan pokok pikiran setiap paragraf
0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan

III.Materi Pokok : Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan
yang akan dibaca
B.Kegiatan Inti : 0 Membaca teks bacaan dengan seksama
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Menentukan pokok pikiran setiap paragraf
0 Menanggapi isi bacaan


C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca tek bacaan yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran : IX
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENULIS
I.Kompetensi Dasar : Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
* Menggunakan ntanda garis miring dalam kalimat

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan
0 Siswa dapat mencatat pesan atau amanat puisi
0 Siswa dapat memprafrasekan puisi yang telah disediakan
0 Siswa dapat mencari puisi dan memparafrasekannya
0 Siswa dapat mengenal tanda baca garis miring /
0 Siswa dapat membubuhi tanda baca garis miring /


III.Materi Pokok : Teks Puisi

IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi dan garis miring
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca puisi dengan penghayatan
0 Mencatat pesan atau amanat puisi
0 Memprafrasekan puisi yang telah disediakan
0 Mencari puisi dan memparafrasekannya
0 Mengenal tanda baca garis miring /
0 Membubuhi tanda baca garis miring /

C.Kegiatan Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun puisi dan membacakannnya di depan kelas
0 Membubuhi kalimat dengan garis miring

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v

VII.Skor Penilaian :


Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru Kelas 6


_____________________ __________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar