Selasa, 01 Desember 2009

SILABUS PELAJARAN 1
Nama Sekolah : ......................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Tema : Kegemaran
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyempaikan kembali
isi pengumuman yang
dibacakan
Teks pengumuman
* Menuliskan pokok-pokok
pengumuman
* Menuliskan isi pengumuman
* Menyampaikan kembali isi
pengumuman
* Mendengarkan pengumum
an lain dan menyampaikan
nya kembali
* Siswa mendengarkan pengumuman yang diba
cakan
* Siswa mencatat pokok-pokok pengumuman
* Siswa menuliskan isi pengumuman ke dalam
beberapa kalimat
* Siswa menyampaikan isi pengumuman dengan
intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat
* Siswa mendengarkan pengumuman dengan
topik berbeda
Teknik tes:
Lisan
Non tes:
perbuatan
Bentuk:
Unjuk kerja
Instrumen:
Lembar penilai
an unjuk kerja
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Radio
* Surat kabar
* Majalah
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi melalui telepon.
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon
Pesan melalui telepon
* Mencatat pesan penelepon
* Menyampaikan pesan yang
diterima melalui telepon
* Siswa memperagakan percakapan bertelepon
* Siswa mencatat pesan penelepon
* Siswa menyampaikan pesan yang diterima dari
penelepon
Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja
Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa In
donesia 4b
* Telepon
* Penelepon
7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat
utama pada tiap
paragraf melalui
membaca intensif
Teks bacaan
* Menjawab pertanyaan
* Menemukan kalimat utama
pada setiap paragraf
* Meringkas isi bacaan
* Mengartikan kata-kata sukar
dalam teks
* Menggunakan kata-kata
sukar dalam bacaan
* Menggunakan kata depan di,
ke, dan dari.
* Siswa membaca teks terdiri beberapa paragraf.
* Siswa menjawab pertanyaan yang berhubung
an dengan teks
* Siswa menuliskan kalimat utama tiap paragraf
* Siswa meringkas teks dengan kalimat runtut.
* Siswa mengidentifikasi kata-kata sukar
* Siswa menggunakan kata sukar dalam kalimat
* Siswa menggunakan kata depan di, ke, dan dari
dalam kalimat
Teknik tes:
Tertulis, lisan
Non tes: Perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan
unjuk kerja
Instrumen: Lembar tugas, daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk kerja

2 x 35 menit
* Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan sederhana
8.1 Menyusun karangan
tentang berbagai topik
sederhana dengan mem
perhatikan penggunaan
ejaan (huruf kapital,
tanda titik, koma, dan
lain-lain)
* Gambar
* Mengamati rangkaian
gambar
* Menyusun kerangka karang
an
* Mengembangkan kerangka
karangan menjadi karangan
yang padu
* Siswa mengamati rangkaian gambar
* Siswa menyusun kerangka karangan
* Siswa mengembangkan kerangka karangan
menjadi menjadi karangan yang padu mengguna
kan bahasa dan ejaan yang disempurnakan
Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen:
Daftar tugas dan lembar penilaian produk.
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
9.
Latihan
5.1 sampai dengan 8.1
Variatif
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
Mendengarkan pengumuman dan Membaca intensif
* Menyampaikan isi
pengumuman
* Menentukan kalimat
utama dalam setiap
paragraf
Pengumum
an lisan dan teks bacaan
* Menyampaikan isi peng
umuman secara lisan
* Menemukan kalimat utama
pada setiap paragraf dalam
bacaan
* Siswa menyampaikan isi pengumuman secara
lisan.
* Siswa menuliskan kalimat utama pada setiap
paragraf bacaan
Lisan dan tertulis
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar tugas portofolio
* Menyusun karangan
berdasarkan rangkaian
gambar
Rangkaian gambar
* Mengamati rangkaian gam
bar
* Membuat karangan berdasar
kan rangkaian gambar
* Siswa mengamati rangkaian gambar dengan teliti
* Siswa menuliskan sebuah karangan berdasarkan
rangkaian yang diamati secara cermat
Nontes: perbuatan
Bentuk: Produk
Instrumen: Lembar tugas dan lembar penilaian produk
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
















SILABUS PELAJARAN 2
Nama Sekolah : ............................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Tema : Disiplin
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
5,1 Menirukan pembacaan
pantun anak dengan la-
fal dan intonasi yang
tepat
Pantun anak
* Menirukan pembacaan pan-
tun anak dengan lafal dan
intonasi yang tepat
* Menjawab pertanyaan ten-
tang isi pantun
* Siswa mendengarkan pembacaan pantun
* Siswa menirukan pembacaan pantun
* Siswa menjelaskan isi pantun dengan cara men-
jawab pertanyaan
Teknis tes: tertulis
Non tes: perbuatan
Bentuk: produk dan penugasan
Instrumen: daftar tugas
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa In-
donesia 4b
* Kumpulan
pantun
anak
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui te-
telepon
Teks percakapan
* Mencatat pesan yang pene-
lepon
* Menyampaikan pesan yang
diterima melalui telepon
* Siswa menerima telepon dengan etika atau san-
tun bertelepon
* Siswa mencatat pesan penelepon
* Siswa menyampaikan pesan sesuai dengan yang
diterima
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja.
Instrumen: kinerja dan lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Telepon
7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, mem
baca nyaring, dan mem
baca pantun
7.1 Membaca pantun anak
secara berbalasan
dengan lafal dan intona-
si yang tepat
Pantun yang dibuat oleh kelompok
* Membaca pantun secara
berbalasan
* Mencatat kata-kata sukar
dalam pantun
* Mencari arti kata sukar
dalam pantun menggunakan
kamus
* Menjawab pertanyaan ten-
tang isi pantun
* Siswa membaca pantun berbalasan dengan into-
nasi dan lafal yang sesuai
* Siswa mencatat kata-kata sukar di dalam pantun.
* Siswa mencari makna istilah yang sukar dalam
pantun menggunakan kamus
* Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk
Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Surat
kabar
* Majalah
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran
, perasaan, dan informa
si secara tertulis dalam bentuk pantun anak
8.1 Membuat pantun anak
yang menarik tentang
kepatuhan sesua
dengan ciri-ciri pantun
Pantun anak
* Mengenal ciri-ciri pantun
* Menyusun pantun anak
* Menyempurnakan pantun
* Membuat pantun tentang
kedisiplinan
* Menjelaskan amanat pantun
* Siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun
* Siswa menyimpulkan pantun anak
* Siswa menyusun pantun acak
* Siswa menyempurnakan pantun
* Siswa membuat pantun anak yang bertema
kedisiplinan
Teknis non tes:
Perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: lembar penilaian produk

2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Surat
kabar
* Majalah
9.
Latihan
5.1 sampai dengan 8.1
Teks percakapan dan pantun anak
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
tertulis
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes kemampuan menyempurnakan pantun dan menyusun kalimat pesan
* Membuat pantun
* Menyampaikan pesan pe-
nelepon
Pantun rumpang dan percakapan
* Menyempurnakan pantun
* Menuliskan kalimat pesan
penelepon
* Siswa melengkapi pantun rumpang dengan tepat
* Siswa menuliskan pesan penelepon dengan tepat
Tertulis
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar tugas portofolio
* Membuat pantun anak
yang menarik bertema
kedisiplinan
Pantun anak
* Menulis pantun yang bersa-
jak a-a-a-a atau a-b-a-b
* Siswa dapat membuat pantun yang bertema
kedisiplinan
Tertulis
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b


























SILABUS PELAJARAN 3
Nama Sekolah : ......................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Tema : Teknologi Sederhana
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
5.
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali
isi pengumuman yang
dibacakan
Teks pengumuman
* Mencatat pokok-pokok isi
pengumuman
* Menyampaikan isi peng-
umuman
* Memberi tanggapan
* Siswa mendengarkan pembacaan pengumuman
* Siswa mencatat pokok-pokok isi pengumuman
* Siswa menyampaikan kembali isi pengumuman
* Siswa memberi tanggapan terhadap teman yang
menyampaikan isi pengumuman
Teknik tes: lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa In-
donesia 4b
* Majalah
* Surat
kabar
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon
Pesan telepon
* Memperagakan percakapan
lewat telepon
* Menjawab pertanyaan
* Menyampaikan pesan pene-
lepon secara berantai
* Menilai teman dalam
menyampaikan pesan

* Siswa memperagakan percakapan bersama
teman
* Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan percakapan bertelepon
* Siswa menyampaikan pesan penelepon secara
berantai.
* Siswa memberikan penilaian terhadap teman
yang menyampaikan pesan penelepon
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: kinerja, lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b

7.
Membaca
Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat
utama pada tiap parag-
raf melalui membaca
intensif
Teks membaca intensif
* Membaca intensif
* Menjawab pertanyaan
* Meringkas bacaan
* Siswa membaca teks bacaan secara intensif.
* Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan teks.
* Siswa meringkas bacaan tanpa mengurangi
maksud isi bacaan
Teknik tes: tertulis, lisan.
Non tes: perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan unjuk kerja
Instrumen: lembar kerja daftar pertanya-an, dan lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Majalah
* surat kabar
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pengumuman
8.1 Menulis pengumuman
dengan bahasa yang
baik dan benar serta
memperhatikan penggu-
naan ejaan
Ejaan dan tanda baca
* Membaca naskah peng-
umuman acak
* Menyusun naskah peng-
umuman acak menjadi peng-
umuman padu disertai
penggunaan ejaan dan tan-
da baca yang sesuai
* Menulis naskah pengumum
an sendiri
* Siswa mengidentifikasi cara menulis pengumum-
an.
* Siswa membaca naskah pengumuman yang
tersusun acak.
* Siswa menyusun naskah pengumuman yang
tersusun acak menjadi pengumuman yang padu
disertai penggunaan ejaan dan tanda baca yang
sesuai.
* Siswa menulis naskah pengumuman sendiri
dengan bahasa yang baik dan memperhatikan
penggunaan ejaan yang sesuai.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: daftar tugas dan lembar penilaian produk.
2 x 35 menit
* Buku Bina
Bahasa Indonesia 4b
*Surat kabar
* Majalah
9.
Latihan
5.1 sampai dengan 8.1
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
Bentuk: PG, Isian, dan jawaban singkat
2 x 35 menit
Buku Bina
Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes kemampuan
Menemukan kalimat utama dalam tiap paragraf bacaan
Teks bacaan
Menuliskan kalimat utama
Siswa menuliskan kalimat utama pada tiap paragraf.
Tertulis.
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar Tugas Portofolio
Menulis naskah pengumum
an dengan bahasa yang baik dan benar.
Tema teknologi
* Membuat naskah pengumum
an
Siswa membuat naskah pengumuman tentang teknologi sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang sesuai.
Produk
Instrumen: Lembar tugas dan lembar penilaian produk
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b

















SILABUS PELAJARAN 4
Nama Sekolah : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / 2
Tema : Pendidikan
No.
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan pantun
5.1 Menirukan pembacaan
pantun anak dengan
lafal dan intonasi yang
tepat
Pantun anak
* Mendengarkan pembacaan
pantun
* Menjawab pertanyaan
* Menjelaskan isi pantun
* Siswa mendengarkan pembacaan pantun.
* Siswa menirukan pembacaan pantun anak dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
* Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.
* Siswa menjelaskan isi pantun.
Teknik tes: tertulis
Non tes: perbuatan
Bentuk:produk,
penugasan
Instrumen: daftar tugas,
pedoman peni-laian produk
2 x 35 menit
* Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Kumpulan
pantun
anak
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun
6.2 Berbalas pantun dengan
lafal dan intonasi yang
tepat
Pantun berbalas-balasan
* Berbalas pantun dengan lafal
dan intonasi yang tepat
* Mengungkapkan pesan
pantun
* Siswa melakukan berbalas pantun dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
* Siswa mengungkapkan pesan yang terkandung
dalam setiap pantun.
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: produk , penugasan
Instrumen: lembar tugas dan penilaian produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b dan Kumpulan pantun anak
7.
Membaca
Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat
utama pada tiap parag-
raf melalui membaca
intensif
Teks bacaan
* Membaca teks secara inten-
sif
* Menjawab pertanyaan
* Menemukan kalimat utama
dalam paragraf
* Siswa membaca teks secara intensif dengan lafal
dan intonasi yang sesuai.
* Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan isi teks.
* Siswa menentukan kalimat utama pada setiap
paragraf teks bacaan.
Teknik tes: tertulis, lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: jawaban sing-kat dan unjuk kerja
Instrumen: lembar kerja, tugas, dan lembar penilaia unjuk kerja
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, Majalah, dan Surat kabar
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak
8.1 Membuat pantun anak
yang menarik tentang
ketekunan
Pantun anak
* Menyusun pantun anak
* Menyempurnakan pantun
* Membuat pantun sendiri
tentang ketekunan
* Siswa menyusun pantun acak menjadi pantun yang
padu.
* Siswa menyempurnakan pantun.
* Siswa membuat pantun sendiri dengan tema
ketekunan.
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: lembar penlaian produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
9.
Latihan
Semua kompetensi dasar
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
Membaca intensif
Teks
* Menjawab pertanyaan
* Membuat ringkasan
* Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan tentang
isi teks
* Siswa memuat ringkasa teks
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar Tugas Portofolio
Membuat pantun anak dan menulis pengalaman
Pantun dan teks bacaan
* Membuat pantun anak
* Menulis tentang pengalaman
* Siswa membuat pantun anak tentang apa saja.
* Siswa menuliskan pengalamannya sewaktu belajar
di kelas 4
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b























SILABUS PELAJARAN 5
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / 2
Tema : Koperasi
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber
Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali
isi pengumuman yang di
bacakan.
Teks pengumuman
* Mendengarkan pengumuman
* Menuliskan isi pengumuman
* Menyampaikan pengumum-
an yang didengar
* Siswa mendengarkan pengumuman yang dibaca-
kan.
* Siswa menuliskan isi pengumuman yang didengar.
* Siswa menyampaikan isi pengumuman yang dide-
ngar.
Teknik tes: lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
* Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Radio,
surat kabar
majalah
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon sesuai dengan
isi pesan.
Teks percakapan telepon
* Memperagakan percakapan
telepon.
* Mencatat pesan penelepon.
* Menyampaikan pesan penele
pon
* Siswa memperagakan percakapan bertelepon ber-
sama teman.
* Siswa mencatat pesan penelepon dalam peragaan
percakapan.
* Siswa menyampaikan pesan yang diterima dari
penelepon dalam peragaan percakapan.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: kinerja, lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
* Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Penelepon
7.
Membaca
Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat
utama pada tiap parag-
raf melalui membaca
intensif
Teks bacaan
* Membaca teks secara inten-
sif.
* Menjawab pertanyaan sesuai
isi teks.
* Menemukan kalimat utama
pada paragraf bacaan.
* Mencatat dan mencari
makna kata sukar di dalam
kamus.
* Mengenal kata depan
dengan
* Siswa membaca teks secara intensif.
* Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks.
* Siswa menemukan kalimat utama pada tiap parag-
raf bacaan.
* Siswa mencatat kata sukar dalam teks dan mene-
mukan artinya dari kamus.
* Siswa mengenal kata depan dengan dan menggu-
nakannya dalam kalimat.
Teknik tes: tertulis
Non tes: perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan unjuk kerja
Instrumen: daftar pertanya
an dan lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
* Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* Majalah,
surat kabar
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pengumuman
8.1 Menulis pengumuman
dengan bahasa yang
baik dan benar serta
memperhatikan penggu-
naan ejaan.
Pengumuman
* Menyusun kerangka peng-
umuman dengan topik terten-
tu.
* Mengembangkan kerangka
pengumuman.
* Membacakan pengumuman.
* Siswa menyusun kerangka pengumuman dengan
topik koperasi.
* Siswa mengembangkan kerangka pengumuman
menjadi naskah pengumuman yang padu.
* Siswa membacakan naskah pengumuman di
hadapan teman.
Teknik tes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: daftar tugas dan lembar pe-nilaian produk.
2 x 35 menit
* Bina
Bahasa
Indonesia
4b
* surat kabar
dan majalah
9.
Latihan
Semua kompetensi dasar
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
* Mendengarkan peng-
umuman
* Menyampaikan pesan pe-
nelepon
Pengumuman
dan pesan penelepon
* Mengampaikan isi peng-
umuman
* Mencatat pesan penelepon
* Siswa menyampaikan pengumuman yang didengar.
* Siswa mencatat pesan penelepon.
Penilaian produk.
Lembar penilaian produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar Tugas Portofolio
* Membuat pengumuman
Pengumuman
* Membuat pengumuman ten-
tang koperasi.
* Siswa membuat naskah pengumuman tentang promosi buku di toko koperasi
Bentuk: produk
Instrumen: lembar tugas dan lembar pe-nilaian produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b



















SILABUS PELAJARAN 6
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: IV / 2
Tema : Kesehatan
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali
isi pengumuman yang
dibacakan
Naskah pengumuman
* Mencatat pokok-pokok
pengumuman
* Menjawab pertanyaan
* Menyampaikan isi pengumum-
an
* Mencatat pengumuman dari
radio atau televisi.
* Menyampaikan isi pengumum-
an dari radio atau televisi.
* Siswa mendengarkan pengumuman yang dibaca
kan.
* Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi peng-
umuman
* Siswa menyampaikan isi pengumuman
* Siswa mencatat isi pengumuman dari radio atau
televisi
* Siswa menyampaikan kembali isi pengumuman
dari radio atau televisi
Teknik tes: lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: lembar penilai
an unjuk kerja.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, radio, surat kabar, majalah
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon sesuai dengan
isi pesan.
Teks percakapan
* Memperagakan percakapan
* Mencatat pesan penelepon
* Menyampaikan isi pesan pene-
lepon
* Siswa memperagakan percakapan bertelepon.
* Siswa mencatat pesan penelepon
* Siswa menyampaikan isi pesan penelepon.
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: kinerja, lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, penelepon
7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat uta
ma pada setiap paragraf
melalui membaca
intensif
Teks bacaan
* Menemukan kalimat utama
pada setiap paragraf bacaan
* Meringkas bacaan.
* Mencari makna kata sukar
dalam kamus.
* Menggunakan kata depan
dengan.
* Siswa membaca teks secara intensif yang terdiri
beberapa paragraf.
* Siswa meringkas teks bacaan.
* Siswa mencari kata sukar dan menemukan arti-
nya di dalam kamus.
* Siswa menggunakan kata depan dengan dalam
kalimat.
Teknik tes: tertulis
Non tes: perbuatan
Bentuk: jawaban singkat, unjuk kerja.
Instrumen: lembar kerja/
tugas, lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, majalah, surat kabar.
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan
8.1 Menyusun karangan
tentang berbagai topik
sederhana dengan
memperhatikan penggu-
naan ejaan (huruf kapital
dan tanda baca)
Karangan anak
* Menentukan tema karangan.
* Menyusun kerangka karangan.
* Mengembangkan kerangka ka-
rangan menjadi karangan yang
padu.
* Siswa menentukan tema karangan.
* Siswa menyusun kerangka karangan.
* Siswa mengembangkan kerangka karangan
menjadi karangan yang padu.
* Siswa dengan memperhatikan ejaan dan tanda
baca yang sesuai.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: Pedoman penilaian produk.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, surat kabar, majalah.
9.
Latihan
Semua Kompetensi dasar
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
Menyusun karangan sederhana, menemukan kalimat utama
Penggalan karangan dan teks beberapa paragraf
* Menyusun karangan dengan
topik sederhana
* Menemukan kalimat utama
paragraf bacaan
* Siswa dapat melanjutkan penggalan karangan.
* Siswa menemukan kalimat utama pada setiap
paragraf bacaan
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b.
11.
Lembar tugas portofolio
Menyusun karangaan tentang pengalaman
Karangan sederhana
* Menyusun karangan tentang
pengalaman sendiri
Siswa dapat menyusun karangan yang berisi pengalaman sendiri
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b



















SILABUS PELAJARAN 7
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / 2
Tema : Transmigrasi
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pantun
5.2 Menirukan pembacaan
pantun anak dengan
lafal dan intonasi yang
tepat.
Pantun anak
* Menirukan pembacaan pantun
* Menjawab pertanyaan tentang
pantun
* Melengkapi penjelasan sesuai
pantun
* Siswa mendengarkan pembacaan pantun
kemudian menirukannya
* Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun
* siswa melengkapi penjelasan sesuai pantun
Teknik tes: lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: lembar penilaian unjuk kerja

2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, radio, surat kabar
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon
Tek percakapan berisi pesan
* Memerankan percakapan
melalui telepon
* Mencatat pesan yang diterima
melalui pesawat telepon
* Menyampaikan pesan
penelepon
* Siswa memerankan percakapan bertelepon
* Siswa mencatat pesan yang diterima melalui
telepon
* Menyampaikan pesan yang diterima melalui
telepon
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: Kinerja, lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, telepon/penelepon.
7.
Membaca
Membaca teks melalui membaca intensif
7.1 Menentukan kalimat
utama pada tiap
paragraf melalui
membaca intensif
Teks bacaan
* Membaca intensif
* Menjawab pertanyaan
* Menemukan kalimat utama
dalam setiap paragraf
* Memahami kalimat tanya
dengan kata tanya apa dan
siapa
* Siswa membaca teks terdiri beberapa paragraf
secara intensif
* Siswa menemukan kalimat utama dalam setiap
paragraf
* Siswa menggunakan kata tanya apa dan siapa
dalam kalimat
Teknik tes: lisan, tertulis
Non tes: perbuatan
Bentuk: jawaban singkat, unjuk kerja
Instrumen: Lembar tugas/daftar pertanyaan, lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, majalah, surat kabar.
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pengumuman
8.2 Menulis pengumuman
dengan bahasa yang
baik dan benar serta
memperhatikan
penggunaan ejaan
Naskah pengumuman karya siswa
* Mendaftar isi pokok yang akan
dituliskan pada pengumuman
* Membuat pengumuman
dengan bahasa yang singkat,
padat, dan mudah dipahami.
* Menyampaikan pengumuman
hasil karya sendiri
* Siswa membaca teks pengumuman
* Siswa mendaftar isi pokok yang akan dituliskan
pada pengumuman
* Siswa menulis pengumuman dengan bahasa
yang singkat, padat, dan mudah dipahami
* Siswa menyampaikan pengumuman hasil karya
sendiri
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: daftar tugas, lembar penilaian produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, surat kabar, majalah
9.
Latihan
Semua kompetensi dasar
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
Membaca pantun anak
Pantun anak
Membaca pantun berbalasan
Siswa membacakan pantun berbalasan dengan berpasangan
Unjjuk kerja
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar Tugas Portofolio
Membuat pengumuman
Teks pengumuman
Menulis pengumuman tentang transmigrasi
Siswa menulis pengumuman tentang transmigrasi.
Produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b















SILABU PELAJARAN 8
Nama Sekolah : .....................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV/2
Tema : Teknologi Modern
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyampaikan kembali
isi pengumuman yang
dibacakan
Teks pengumuman
* Mendengarkan pembacaan
pengumuman
* Menyampaikan isi pengumum-
an
* Bertanya jawab tentang peng-
umuman
* Mencari pengumuman dan me-
nyampaikan isinya
* Siswa mendengarkan pembacaan pengumuman
* Siswa menyampaikan isi pengumuman yang
didengar.
* Siswa bertanya jawab tentang isi pengumuman
* Siswa mencari naskah pengumuman dari media
* Siswa menyampaikan isi pengumuman yang
ditemukan dari media
Teknik tes: lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, radio, surat kabar, majalah
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon
Gambar dan teks percakapan
* Memerankan percakapan
* Mencatat pesan penelepon
* Menyampaikan pesan yang
diterima melalui telepon
* Siswa memerankan percakapan bertelepon.
* Siswa mencatat peesan yang diterima melalui
telepon
* Siswa menyampaikan pesan yang diterima mela
lui telepon
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: kinerja, lembar penilaian unjuk kerja.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, telepon, penelepon
7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif
7.1 Menemukan kalimat
utama pada tiap parag-
raf melalui membaca in-
tensif
Teks bacaan
* Membaca intensif teks bacaan
* Menjawab pertanyaan
* Menemukan kalimat utama
dalam paragraf
* Membaca teks yang terdiri beberapa paragraf
secara intensif
* Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks
* Siswa menemukan kalimat utama pada tiap
paragraf bacaan.
Teknik tes: tertulis, lisan
Nontes: perbuatan
Bentuk: jawaban sing-kat, unjuk kerja
Instrumen: lembar tugas, daftar pertanya
-an lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, majalah, surat kabar.
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan
8.1 Menyusun karangan ten-
tang berbagai topik
sederhana dengan mem
perhatikan penggunaan
ejaan yang tepat
Rangkaian gambar dan kalimat
* Mengamati rangkaian gambar
* Menjelaskan rangkaian gambar
* Menyusun karangan berdasar
kan rangkaian gambar
* Membacakan karangan
* Siswa mengamati rangkaian gambar yang
tersedia.
* Siswa menjelaskan maksud rangkaian gambar.
* Siswa menyusun karangan beradasarkan rangkai
an gambar.
* Siswa membacakan hasil karangannya.
Teknik tes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: pedoman penilaian produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
9.
Latihan
Semua kompetensi dasar
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
Menemukan kalimat utama setiap paragraf
Teks bacaan
* Menemukan kalimat utama melalui membaca intensif
* Siswa menemukan kalimat utama setiap paragraf
bacaan
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar Tugas Portofolio
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana
Karangan sederhana
Menyusun karangan dengan tema teknologi
* Siswa menyusun karangan dengan topik yang berhubungan dengan teknologi sederhana
Produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b.


















SILABUS PELAJARAN 9
Nama Sekolah : ..........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV/2
Tema : Transfortasi
No,
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Waktu
Sumber Bahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
5.
Mendengarkan
Mendengarkan pembacaan pantun
5.1 Menirukan pembacaan
pantun anak dengan la-
fal dan intonasi yang te-
pat
Pantun anak
* Mendengarkan pantun anak
* Menirukan pembacaan pantun anak
* Menjelaskan isi pantun

* Siswa mendengarkan pembacaan pantun anak
* Siswa menirukan pembacaan pantun anak
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
* Siswa menjelaskan isi pantun
Teknik tes: tertulis
Non tes: perbuatan
Bentuk: produk dan penugasan
Instrumen: daftar tugas
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, kumpulan pantun anak
6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.2 Menyampaikan pesan
yang diterima melalui
telepon
Percakapan melalui telepon
* Melengkapi percakapan
* Memperagakan percakapan
* Mencatat pesan penelepon
* Menyampaikan pesan
* Siswa melengkapi percakapan melalui telepon
* Siswa memperagakan percakapan melalui
telepon
* Siswa mencatat pesan yang diterima melalui
telepon.
* Siswa menyampaikan pesan yang diterima
melalui telepon.
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja
Instrumen: Kinerja, lembar penilaian unjuk kerja
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, telepon, penelepon
7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca nyaring
7.2 Membaca nyaring suatu
pengumuman dengan
lafal dan intonasi yang
tepat.



7.3 Membaca pantun anak
secara berbalasan
dengan lafal dan intona-
si yang tepat.
Teks pengumuman





Pantun
* Membaca pengumuman
dengan nyaring
* Menjawab pertanyaan
* Menyimpulkan isi pengumuman
* Mencari pengumuman dan
membacakannya

* Berbalas pantun dengan
ucapan dan intonasi yang jelas
* Siswa membaca pengumuman dengan suara
nyaring
* Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi
pengumuman
* Siswa menyimpulkan isi pengumuman
* Siswa mencari pengumuman dan
membacakannya
* Siswa melakukan berbalas panun dengan
ucapan dan intonasi yang jelas

Teknik tes: tertulis, lisan
Non tes: perbuatan
Bentuk: isian, dan essay, unjuk kerja
Instrumen: lembar tugas, daftar pertanyaan, lembar penilaian

2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b, majalah, surat kabar, mading, contoh peng-umuman
8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk pengumuman
8.1 Menyusun karangan ten
tang berbagai topik
sederhana dengan mem
perhatikan penggunaan
ejaan (huruf besar,
tanda titik, tanda koma,
dll.)
Kalimat ejaan dan tanda baca
* Membaca contoh karangan
* Menulis karangan
* Membacakan karangan
* Memperbaiki karangan
* Siswa membaca contoh karangan
* Siswa menulis karangan
* Siswa membacakan karangan
* Siswa memperbaiki karangan
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
Instrumen: pedoman penilaian produk.
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b.
9.
Latihan
Semua kompetensi dasar
Semua materi
Semua indikator
Semua kegiatan pembelajaran
Tertulis
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
10.
Tes Kemampuan
Membuat karangan
Mendiskusikan pantun
Materi dan pantun
Membuat karangan berdasarkan gambar
Mendiskusikan pantun anak
Siswa menyusun karangan berdasarkan gambar
Siswa membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
Siswa mendiskusikan pantun anak
Tertulis, produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b
11.
Lembar Tugas Portofolio
Menyusun karangan tentang berbagai topik
Karangan bebas
Menyusun karangan bertema transfortasi
Siswa menyusun karangan yang bertema transfortasi
Tertulis, produk
2 x 35 menit
Bina Bahasa Indonesia 4b.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar